Pages

About Me

Chat Box

Sabtu, 01 Juni 2013

Apa itu Tes Skolastik / Tes Bakat Skolastik?

Sering kita jumpai di materi penerimaan mahasiswa baru untk masuk ke PTN ada yg nama nya Tes Bakat Skolasti (TBS). Bukan hanya untuk materi masuk ke PTN tp sampe penerimaan CPNS pun disajikan. Ada beberapa info penting tentang Tes Bakat Skolastis (TBS). Cekidot !

Apakah yang dimaksud dengan Tes Bakat Skolastik (TBS) ?
Tes Bakat Skolastik adalah sebuah tes yang bertujuan untuk mengetahui bakat dan kemampuan seseorang dibidang akademis atau keilmuan.
 
Apakah tes SAT itu ?
Tes SAT (Scholastic Aptitude Test) adalah sebuah tes yang mengukur kemampuan dan bakat seseorang di bidang akademis. Tes ini mula-mula dipergunakan di Amerika sebagai prasyarat penerimaan mahasiswa Perguruan Tinggi.
 
Apa hubungan TBS dan SAT ?
Kemunculan tes TBS ini memang merujuk pada tes SAT dan juga GRE (Graduate Record Examination, sebuah tes serupa). Tidak berlebihan jika dikatakan bahwa tes TBS adalah SAT-nya Indonesia. Karena poin-poin pertanyaan dan bidang yang diujikan adalah serupa..
 
Untuk tujuan apakah diadakan TBS ?
Di Indonesia, Tes Bakat Skolastik ini umumnya dipergunakan sebagai syarat penerimaan mahasiswa S1, S2 dan S3, juga dalam penyaringan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), rekrutmen karyawan swasta dan BUMN, bahkan juga dipakai sebagai syarat kenaikan jabatan setingkat manajer di bidang pekerjaan.
 
Apa sajakah yang diujikan dalam tes TBS ?
Tes Bakat Skolastik ini mengujikan empat bidang kemampuan. Yaitu, kemampuan seseorang dibidang verbal atau bahasa, kemampuan seseorang dibidang numerik atau angka, kemampuan seseorang dibidang logika, dan kemampuan dibidang spasial atau gambar.
 
Apa saja yang diujikan dalam tes bahasa ?
Tes bahasa menguji kemampuan seseorang dalam hal sinonim (persamaan kata), antonim (lawan kata),  padanan hubungan kata, dan kemampuan seseorang dalam hal pengelompokan atau identifikasi kata.
 
Apa saja yang diujikan dalam tes angka ?
Tes angka menguji kemampuan seseorang dalam hal aritmetik (berhitung), kemampuan berpikir terstruktur untuk melihat seri angka, seri huruf, kemampuan berlogika dalam angka dan kemampuan memformulasikan logika angka dalam cerita.
 
Apa saja yang diujikan dalam tes  logika ?
Tes logika menguji kemampuan seseorang dalam penalaran dan pemecahan persoalan secara logis atau masuk akal. Tes logika ini meliputi tes logika umum, tes analisa pernyataan dan kesimpulan (silogisme), tes logika cerita dan tes logika diagram.
 
Apa saja yang diujikan dalam tes gambar ?
Tes gambar ini bertujuan menguji daya logika ruang yang dimiliki seseorang. Tes ini meliputi antara lain tes padanan hubungan gambar, tes seri gambar, tes pengelompokan gambar, tes bayangan gambar dan tes identifikasi gambar.
 
Bagaimana sistem skoring dalam TBS ?
Sistem skoring TBS sama dengan SAT dan GRE, karena TBS memang merujuk pada tes tersebut. Rentang skor adalah 200-800. Jawaban salah tidak mengurangi nilai. Untuk lebih jelasnya, sistem skoring dan perhitungan nilai ini dapat anda lihat pada buku TBS.
 
Berapa  skor TBS minimum yang diperlukan untuk dapat masuk S2,S3 dan berapa pula untuk rekrutmen kerja ?
Skor minimum ini tergantung kepada institusi Perguruan Tinggi atau institusi perusahan masing-masing. Ada yang mensyaratkan minimal 450, dan ada pula yang 500 bahkan 550 atau lebih.
 
Bagaimana cara mempersiapkan diri untuk menghadapi Tes Bakat Skolastik ini ?
Seperti halnya tes-tes lainnya, untuk menghadapi tes TBS ini anda harus banyak berlatih, berlatih dan berlatih soal. Dengan berlatih, anda menjadi akrab dengan berbagai jenis dan tipe soal, sehingga kemampuan analisa anda semakin terasah dan semakin tajam. Kemampuan analisa yang tajam ini sangat membantu anda nantinya dalam menempuh tes TBS dan meraih skor hasil yang optimal.  
 
Saya ingin skor TBS meningkat. Bagaimana cara untuk meningkatkan skor TBS saya tersebut ?
Untuk meningkatkan skor Tes Bakat Skolastik,  anda harus menguasai trik-trik khusus. Dengan trik-trik tersebut, anda memiliki peluang besar untuk meningkatkan skor TBS sangat anda. Trik khusus ini dapat anda temukan dalam buku TBS.
separador

6 komentar:

Unknown mengatakan...

ikh, keren banget......
gimanaa sech kak cara ngedit.a
hhehehehhe :D

Unknown mengatakan...

makasi dek :D

Unknown mengatakan...

Makasih ya infonya kk :)
sempet bingung loh TBS itu pa, soalnya mau masuk PTN nih.
Ternyata TBS itu mirip atau emang sama kayak TPA (Tes Potensi Akademik) ya?

Unknown mengatakan...

sama-sama dek :)
kayaknya mirip aja, lebih susahan soal TPA ketimbang TBS ;;)

Unknown mengatakan...

ini referensinya apa ya Mbk?

Unknown mengatakan...

Memek lah

Posting Komentar

Followers

Flag Counter